Apakah DPD RI Dapil Sulteng Akan Dihiasi Wajah Baru ?

PALU- Pemilihan legislatif telah usai beberapa waktu lalu. Pesta demokrasi serentak tahun 2024 berjalan aman dan damai.

Pileg dan Pilpres telah masuk ke tahapan penghitungan suara. Jantung para kontestan Pemilu boleh dibilang mulai naik ke titik kulminasi.

Untuk pemilihan legislatif Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dapil Provinsi Sulawesi Tengah, juga berjalan dengan aman

Sebanyak 22 orang kontestan Pileg dari berbagai latar belakang disiplin ilmu maupun telah mengerahkan segala kemampuannya untuk menarik simpati masyarakat agar mendapatkan suara.

Diketahui, porsi yang tersedia untuk calon Senator yang akan duduk di kursi panas DPD RI dapil Sulawesi Tengah, hanya 4 kursi.

Dari 22 orang caleg DPD RI dapil Sulteng tersebut, terdapat 3 (tiga) Senator incumbent. Diantaranya Ahmad Syaifullah Malonda. Sp, Dr. Abdul Rachman Thaha, dan Luky Semen.

Namun, apakah ketiga Senator petahan tersebut masih mampu mempertahankan singgasananya di DPD RI? Atau justru akan tergantikan dengan wajah baru?

Berdasarkan hasil real count Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada tanggal 17 Februari pukul 18.00, progres 5628 dari 9462 TPS (59,48) persen), mencuat lima nama.

Pada urutan pertama perolehan suara terbanyak, diisi oleh Febriyanti Hongkiriwang. S.Si. Apt. Istri dari Bupati Morowali Utara itu, mengantongi suara sebanyak 101.928

Kemudian Abcandra Muhamad Akbar Supratman. SH. Anak dari Senator ulung Supratman Andi Agtas tersebut, meraup suara sebanyak 96.717

Setelah itu, Rafiq Al-Amri. Dengan perolehan suara sebanyak 85.982.

Urutan keempat diduduki oleh Andhika Mayrizal Amir. SH. M. Kn. Anak dari Wakil Gubernur Sulteng, Mamun Amir tersebut, meraih suara sebanyak 77.914.

Sementara, diurutan lima ditempati oleh incumbent Ahamad Syaifullah Malonda. SP, dengan suara sebanyak 56.992, dan dibayangi Abdulrachman Thaha. SH. MH, mengantongi suara sebesar 56.227.

Empat besar hasil real count KPU, bukan “wajah lama” di DPD RI dapil Sulawesi Tengah. Namun secara mengejutkan mampu meraih suara siginifikan diantara 3 Senator incumbent.

Jika menelisik kemampuan finansial, beberapa diantara para kontestan DPD RI dapil Sulawesi Tengah, boleh dibilang mumpuni. Sebab, budget sangat diperlukan dalam tahapan Pemilu. Mulai dari pembuatan baliho, stiker, uang saksi TPS, operasional Tim sukses dan berbagai keperluan lainnya.

Selain itu, tentunya para caleg sudah memiliki trik ampuh yang bisa membuat konstituen klepek-klepek.

Pada dasarnya, keempat kontestan DPD RI itu, sedikitnya sudah bisa bernafas lega dengan hasil upaya dan kerja kerasnya dalam meyakinkan masyarakat untuk menjatuhkan pilihannya.

Apakah 4 kursi Dewan Perwakilan Daerah daerah pemilihan Sulawesi Tengah akan dihiasi wajah baru? Hal itu masih menjadi sebuah misteri. Akan tetapi, di atas kertas, perolehan suara keempat kandidat tersebut, jauh di atas kompetitor lainnya.

Namun, segala sesuatunya bisa saja berubah. Karena penghitungan suara masih 45 persen lagi. Dengan menyisakan sekurangnya 3 ribu lebih TPS yang belum masuk direkap atau real count KPU.

Untuk memastikan semuanya, alangkah baiknya menunggu hasil akhir real count dan penetapan siapakah yang akan menghiasi wajah DPD RI dapil Sulawesi Tengah kedepannya.**(FN).

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *