IMG-20240202-WA0057-1

Dies Natalis ke-39, UT Palu Gelar Penghijauan di Uwe Tombu Desa Toaya

DONGGALA- Dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-39, Universitas Terbuka (UT) Palu melaksanakan penghijauan di area wisata Uwu Tombu, Desa Toaya, Kecamatan Sindue, Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah, Minggu (10/9/2023).

Kegiatan penghijauan diikuti Manejer Umum Universitas Terbuka Palu, Mohamad Fahrudin Akbar, masyarakat, pemerhati lingkungan, Pemerintah Desa Toaya, Mahasiswa UT Palu, serta penggiat medsos Sulteng.

Manejer Umum Universitas Terbuka Palu, Mohamad Fahrudin Akbar dalam sambutannya mengaku bahwa kegiatan penghijauan, juga melibatkan pemerhati lingkungan dan masyarakat Kecamatan Sindue. Khususnya Desa Toaya.

“Peserta tidak hanya dari Mahasiswa Universitas Terbuka. Tetapi kami melibatkan generasi muda pemerhati lingkungan di kecamatan sindue yang kita undang berpartisipasi dikegiatan ini,” tutur Akbar sapaan akrabnya selaku pejabat yang mewakili Direktur UT Palu.

Sementara, Kepala Desa Toaya, Ompo Wijaya, S.Ag saat membuka kegiatan memberikan apresiasi atas inisasi Penghijauan tersebut.

“Mudah-mudahan kegiatan ini bisa berdampak positif kususnya menjaga ketersediaan Air Tanah pada Area Wisata Uwe Tombu yang selama ini sangat membantu masyarakat Desa Toaya dan sekitarnya. Terlebih lagi pada musim kemarau yang tengah kita rasakan saat ini. Kegiatan ini juga ditujukan untuk memperkenalkan Objek Wisata Uwe yang ada di Desa Toaya ini yang keindahannya tidak kalah dari objek wisata lainnya yang ada di Sulawesi Tengah,” ungkapnya.

Menurut Ompo sapaan akrabnya, area Wisata Uwe Tombu merupakan pasokan air bersih bagi masyarakat, dan aliran airnya yang membentuk telaga yang jernih adalah aset masyarakat.

“Jadi, silahkan siapapun masyarakat atau komunitas boleh datang berkunjung ketempat ini. Sehingga tidak ada batas antara masyarakat dengan pemerintah Desa. Saya selaku Pemerintah Desa Toaya mendukung penuh kegiatan seperti ini dan kami berharap jika memungkinkan kedepannya Pihak Universitas Terbuka Palu bersedia menjadikan Desa Kami sebagai desa Binaan Pengembangan Wisata melalui berbagai program yang ada di Universitas Terbuka Palu,” jelasnya.

Nampak Mahasiswa Universitas Terbuka Palu sangat senang bisa berbaur dan bersosiali bersama kelompok-kelompok pemerhati lingkungan dan penggiat media sosial yang hadir di area Wisata Uwe Tombu pertama kalinya.

Begitupun juga yang dirasakan oleh Pemerintah Desa Toaya, bisa menjadi rumah yang hangat untuk mahasiswa Universitas Terbuka Palu.

Kegiatan Penghijauan ini dimulai pukul 08:00 WIT. Namun sehari sebelumnya para mahasiswa dan berbagai komunitas pemerhati lingkungan ini telah melaksanakan kegiatan Camping Ground dan melakukan diskusi-diskusi terkait isu-isu lingkungan yang hangat terjadi dibeberapa tahun belakangan ini.**(rilis/FN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *