IMG-20240202-WA0057-1

8 Kelompok Ikuti Lomba Cipta Menu B2SA Oleh DPKP Kota Palu

PALU- Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Palu melaksanakan Lomba Cipta menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) bertempat Dihalaman kantor Setempat dijalan Undata Palu, Kamis, (7/9/2023)

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Palu Asharrini Mastura dalam sambutannya saat membuka kegiatan mengatakan kegiatan tersebut, dilaksanakan sebagai Implementasi dari salah satu program bidang ketahanan pangan. Yaitu dalam rangka penyebarluasan Informasi dan edukasi tentang pentingnya pola konsumsi pangan beragam, bergizi, seimbang dan aman.

“Pola Konsumsi Pangan B2SA sebagai pengganti dari Program Nasional terdahulu yang di kenal dengan sebutan 4 Sehat 5 Sempurna,” kata Asharrini.

Menurutnya, dari berbagai kajian bidang Gizi dan Kesehatan menunjukan bahwa untuk dapat hidup sehat dan produktif manusia mrmerlukan sekitar 45 jenis zat gizi yang harus diperoleh dari makanan yang di konsumsi.

Riri Mastura Slsapaan akrab Putri Gubernur Sulteng itu menerangkan Pola Beragam artinya makin beragam jenis bahan pangan yang di konsumsi, makin banyak ragam gizi yang terpenuhi,

“Bergizi artinya mengandung berbagai macam Zat Gizi yang di butuhkan tubuh baik makro yang terdiri dari karbo protein dan Lemak, maupun Mikro yakni Vitamin dan mineral,” jelasnya.

Sedangkan yang dimaksud seimbang menurutnya, yakni sesuai dengan kebutuhan tubuh yang berbeda menurut jenis kelamin, usia berat badan ideal, aktivitas dan waktu.

“Yang dimaksud Aman dari bahaya Fisik seperti Staples,Rambut dan selain itu aman dari bahan kimia yang digunakan sebagai tambahan pangan yang berbahaya, serta bahaya biologi seperti Kuman,Bakteri dan Jamur,” bebernya

Kata dia,  Kualitas SDM di tentukan oleh Status Gizi yang baik dan pangan yang berkualitas ,makan enak, makan cerdas dan makan B2SA,” tutupnya.

Kegiatan Lomba tersebut diikuti sebanyak 8 kelompok yang berasal dari Kota Palu yakni dari kelurahan Donggala Kodi, Lolu Utara, Kayumalue Pajeko dan Lolu Selatan masing masing satu kelompok, sedangkan untuk Kelurahan Duyu dan Mamboro barat masing masing mengirimkan peserta sebanyak dua Kelompok

Ada pun Tim Juri yang di hadirkan pada Lomba tersebut sebanyak 3 orang yakni Nur Aini dari SMK Negeri 1 Palu Jurusan Tataboga, kemudian Sri Rejeki dan Sri Wahyuni yang keduanya berasal dari Bidang Gizi.(HMD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *