IMG-20240202-WA0057-1

Penetapan Pajak dan Retribusi, Sesuai Rincian Potensi PAD

PALU- Wali Kota Palu, H. Hadianto Rasyid didampingi Sekretaris Daerah Kota Palu, Irmayanti Pettalolo, memimpin jalannya rapat bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kota Palu, Minggu (29/10/2023).

Rapat yang berlangsung di ruang pertemuan kantor Wali Kota Palu ini membahas tentang potensi pendapatan daerah melalui retribusi dan pajak.

Dalam pengantarnya, Wali Kota Hadianto menekankan bahwa dirinya ingin hitungan pendapatan daerah Pemerintah Kota Palu itu realistis dan rasional.

“Tentunya, realistis dan rasional itu berdasarkan data. Saya tidak inginkan, kita meletakkan pajak hotel Rp10 miliar, pajak restoran Rp25 miliar, tapi kita tidak tahu dasarnya apa,” kata wali kota.

“Demikian halnya retribusi, saya mau lihat dasar hitungannya mana,” lanjut wali kota.

Wali kota menginginkan, semua OPD memperhatikan apa yang menjadi visi Pemerintah Kota Palu. Yakni Membangun Kota Palu yang mandiri, aman, dan nyaman, tangguh, serta profesional dalam konteks pembangunan berkelanjutan berbasis kearifan lokal dan keagamaan.

Dengan demikian, jika ditarik intisarinya adalah ingin membangun kota yang mandiri, aman, tangguh, dan profesional. Ujung dari semua itu adalah profesionalitas.

“Ketika kita realistis, maka kita bekerja berdasarkan itu. Kita menggunakan segala kekuatan yang kita punyai. Kolaborasi dan kebersamaan yang kita punyai, untuk mencapai _goal_ itu,” ungkap wali kota.

Ia menyebut, para kepala OPD adalah orang-orang pilihan dan merupakan pengharapan banyak orang, termasuk masyarakat yang berharap agar permintaannya terselesaikan dengan cepat.

Dalam kegiatan ini, wali kota memberikan kesempatan para OPD teknis untuk memaparkan hal-hal terkait potensi pendapatan daerah di Kota Palu.(FN)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *