DAERAH  

Resmikan Irigasi Gumbasa, Jokowi Apresiasi Kinerja Pemkab Sigi

SIGI- Demam Jokowi rupanya berlanjut di Kabupaten Sigi usai peresmian Inpres Jalan Daerah (IJD) hingga mengecek ketersediaan serta kestabilan harga bahan baku di pasar yang ada di beberapa wilayah di Sulawesi Tengah.
Ribuan masyarakat Sigi sepanjang jalan antusias menunggu kedatangan orang nomor satu di Tanah Air tersebut. Tak tanggung-tanggung, Presiden yang tak lama lagi akan berakhir masa jabatannya itu, datang ke Sigi mengisi dua agenda acara sekaligus.

Agenda yang dimaksud yaitu meresmikan Bendungan dan Daerah Irigasi (DI) Gumbasa yang nilainya ditaksir mencapai 1,25 triliun rupiah serta menyaksikan panen raya bersama petani Sigi yang menghasilkan padi sebanyak 6-6,2 ton per hektare. Bertempat di Desa Pandere, Kecamatan Gumbasa, Rabu pagi, (27/3/2024).

Terlihat iring-iringan mobil Presiden dan rombongan yang melewati sepanjang jalan Desa Kalukubula – Desa Pandere, disambut antusias oleh masyarakat Sigi, baik anak-anak sekolah maupun ibu-ibu rumah tangga.

Setibanya di lokasi, Presiden Jokowi yang sedari dulu dikenal aktif dengan gaya blusukannya tersebut, menyampaikan harapannya terhadap daerah irigasi Gumbasa yang baru saja diresmikan.

Kata dia, diharapkan irigasi gumbasa dapat meningkatkan produktivitas pertanian, mendukung keamanan dan ketahanan kedaulatan pangan serta dapat meningkatkan kesejahteraan petani.

Jokowi mengatakan, dalam rangka mewujudkan ketahanan dan kedaulatan pangan, pemerintah telah melaksanakan pembangunan dan rehabilitasi infrastruktur irigasi di seluruh tanah air, termasuk daerah irigasi Gumbasa yang terletak di Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah. Hal ini sudah dimulai sejak tahun 2016, melewati perjalanan panjang kemudian terjadi bencana 2018 dan akhirnya tahun 2024 selesai.

Kemudian untuk di bidang pertanian, Jokowi mengungkapkan kebahagiannya melihat hasil panen yang luar biasa.
Kata dia, hal ini menandakan komitmen kuat pemerintah dalam mendukung pertanian dan kesejahteraan petani.

Capaian hasil panen yang memuaskan adalah pemberian bukti nyata kerja keras dan perpaduan antara pemerintah dan masyarakat dalam meningkatkan produksi padi di wilayah Kabupaten Sigi.

“Apresiasi atas kerja keras petani dan dukungan pemerintah daerah dalam mencapai hasil panen yang gemilang. Keberhasilan ini tak hanya mencerminkan potensi pertanian yang besar di Kabupaten Sigi, tetapi juga menjadi contoh bagi daerah lain dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan dan kesejahteraan petani,” sebut Presiden Joko Widodo, akui kerja keras Pemerintah Kabupaten Sigi yang saat ini di pimpin Bupati Mohamad Irwan -Wakil Bupati, Samuel Yansen Pongi (Samuel Pongi Media Center) dalam pengembangan sektor pertanian.

Dengan begitu, diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi ekonomi lokal, meningkatkan pendapatan petani dan memperkuat ketahanan pangan di Kabupaten Sigi.

Peresmian di dua lokasi yang berbeda itu, turut dihadiri Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, Pangdam XIII Merdeka, Mayjen TNI, Candra Wijaya, Gubernur Sulteng, Rusdy Mastura, Komandan Korem (Danrem) 132 Tadulako, Brigjen TNI Dody Triwinarto, Bupati Sigi, Mohamad Irwan, Wakil Bupati, Samuel Yansen Pongi, pihak Bank Indonesia Regional Sulteng, pihak Bulog Sulteng, para unsur Forkopimda Sulteng dan Forkopimda Kabupaten Sigi.
Kedatangan RI 1 itu dijaga ketat oleh personel gabungan, seperti aparat Polres Sigi dibantu TNI dan Polisi Pamong Praja (PP) setempat yang dikomandoi Andi Ilham selaku Kasat Pol PP-Damkar Sigi.**(Sumber: PIKP dan Persandian Kab Sigi/FN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *