IMG-20240202-WA0057-1
DAERAH  

PLKB Sindue Tobata Kunjungi Rumah Keluarga Pasca Persalinan di Desa Binaan

DONGGALA- Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) Wilayah Kecamatan Sindue Tobata, Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah, melakukan kunjungan keluarga pasca salin di Desa Alindau, beberapa waktu lalu.

Kunjungan langsung ke rumah warga tersebut, dalam rangka pemberian dan penyuluhan (KIE) jangka panjang kepada ibu pasca persalinan.

Dihubungi belum lama ini, Koordinator PLKB Wilayah Sindue Tobata, Kartini Pontoh, S. KM menjelaskan bahwa kegiatan tersebut, memberikan edukasi meliputi penjelasanmanfaat dan pendampingan ASI eksklusif pada ibupasca salin.

Selain itu ibu pasca salin diberikan edukasi terkait KB pasca salin. Tujuan dilakukann edukasi supaya ibu dengan bayi dapat merawat putra putri mereka dengan baik sehingga tumbuh kembang optimal.

Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) adalah alat kontrasepsi untuk menunda, menjarakkan kehamilan serta menghentikan kesuburan yang digunakan dalam jangka panjang. MKJP lebih rasional dan memiliki efek samping sedikit.

“Komunikasi, Informasi, dan Edukasi atau KIE keliling, merupakan salah satu KIE kreatif yang bertujuan menyampaikan segala informasi tentang program KB, untuk mengatur laju pertumbuhan penduduk agar dapat di ketahui Masyarakat secara langsung, selain itu masyarakat bisa mengetahui jadwal pelayanan KB,” jelas Kartini Pontoh.**(Sir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *