IMG-20240202-WA0057-1
DAERAH  

Ibu Balita Desa Tosale Berpartisipasi Dalam Pelaksanaan Posyandu  

DONGGALA- Petugas Kesehatan Masyarakat Desa Tosale Kecamatan Banawa Selatan, Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah, telah melaksanakan kegiatan Pos pelayanan terpadu (Posyandu) Ibu anak Balita.

Kegiatan tersebut, merupakan salah satu upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat. Sebagaimana untuk mengetahui pertumbuhan dan perkembang anak secara optimal dengan baik, serta meningkatkan kesejahteraan kualitas kesehatan keluarga.

Pada proses penyelenggaraan kegiatan waktu itu, peserta ibu anak balita ini melakukan pendaftaran, kemudian melakukan pegukuran lingkar kepala, pengukuran tinggi panjang badan anak, pengukuran tinggi badan serta penimbangan berat badan anak. Hal tersebut disampaikan oleh Tim Pendamping Keluarga (TPK) Bidan Desa Tosale Annazia, Amd. Keb, saat dikonfirmasi pada Senin 11 Desember 2023.

“Tugas kami ini sebagai bidan Desa Tosale pertama ialah, melakukan pelayanan pendaftaran balita, ibu hamil, ibu nifas, ibu menyusui dan sebagainya. Selain itu, melaksanakan kegiatan penyuluhan deteksi perkembangan anak, pemantauan status imunisasi anak, pemantauan terhadap tindakan orang tua tentang pola asuh yang dilakukan pada anak, pemantauan yang berkaitan dengan permasalahan balita yang berisiko tinggi dan sasaran lainnya,” ungkap Annazila.   

Iapun mengatakan, posyandu ini meningkatkan peran masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan dan KB, serta sebagai wahana gerakan reproduksi keluarga sejahtera, ketahanan keluarga, dan ekonomi keluarga sejahtera. “Kegiatan penyelenggaraan ini di lakukan oleh Koordinatoor Bidan PKM Desa Lembasada Kecamatan Banawa Selatan Nurlela, STR. Gz, sejak November 2023,” ucap TPK Desa Tosale Annazia. (Sir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *