IMG-20240202-WA0057-1
DAERAH  

Cegah Stunting, Kader PKK Dampingi Calon Pengantin Desa Surumana

DONGGALA- Salah satu hal yang menjadi faktor terjadinya stunting adalah kondisi ibu saat hamil dan melahirkan. Sebab karena semakin muda usia ibu saat hamil dan melahirkan, semakin besar kemungkinan untuk melahirkan anak yang stunting.

Untuk itu, Kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) melakukan pendampingan keluarga terhadap peserta Calon Pengantin (Catin) di Kampung Binaannya Desa Surumana.

Hal itu disampaikan melalui Koordinator PLKB Wilayah Kecamatan Banawa Selatan, Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah Anifta, A. MD, Keb saat ditemui di Dinas PPKB Kabupaten Donggala, Rabu (13/12/2023).

“Pendampingan ini dilaksanakan di rumah peserta Desa Surumana wilayah, Kecamatan Banawa Selatan sejak Desember 2023, oleh TPK dari Kader PKK bernama Marlina.

“Kegiatan ini dilakukan untuk pendampingan kepada calon penganting, dan ini salah satu upaya mencegah terjadinya stunting,” ujarnya.

Olehnya, untuk mencegah terjadinya stunting , setiap pengantin harus dipastikan berada dalam kondisi ideal. Karena menurutnya, itu pendampingan semua calon pengantin dan calon pasangan usia subur merupakan kegiatan prioritas yang harus ada.

“Pendampingan ini dilakukan harus tiga bulan sebelum menikah. Sehingga upaya mencegah stunting ini cakupan PUS yang memperoleh pemeriksaan sebagai bagian pelayanan nikah,” jelasnya. (Sir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *