IMG-20240202-WA0057-1
DAERAH  

IJTI Sulteng Gelar Pelatihan Dasar Jurnalistik di SMKS 1 Marawola 

SIGI- Guna menggelorakan minat siswa untuk terjun ke dunia pers, Pengurus Daerah (Pengda) Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia Sulawesi Tengah (IJTI Sulteng) menggelar pelatihan dasar jurnalistik bagi siswa SMKS 1 Marawola, Kabupaten Sigi, Jumat pagi (8/9/2023).

Kedatangan IJTI Sulteng di sekolah yang menjadi SMK mitra binaan PT AHM (Astra Honda Motor), diwakili sejumlah pengurus, yakni Abdi Mari dari TVOne, Rolis Muchlis dari Kompas TV, Mitha Meinansi dari Metro TV, Hery Susanto dari Liputan 6.com dan Hendra dari TVRI Sulteng yang merupakan Ketua IJTI Sulteng.

Pengurus IJTI Sulteng berkunjung dan berinteraksi dengan belasan siswa di jurusan Teknik Komputer dan Jaringan ( TKJ) untuk melakukan sosialiasi dan pelatihan dasar jurnalistik melalui program IJTI Go To School dengan tema Bersama Pengda IJTI Sulteng Kita Belajar dan Berkreasi dalam Dunia Jurnalistik.

“Alhamdulillah hari ini IJTI Pengda Sulteng kembali melaksanakan sosialisasi tentang jurnalis TV di sekolahan. Kenapa kami terus melakukan sosialisasi jurnalis TV, yang pertama memberikan pemahaman bahwa jurnalis TV di Sulteng itu semakin hari semakin sulit ditemukan di daerah,” kata Hendra.

Menurutnya, pekerjaan rumah dan tantangan bagi IJTI Sulteng saat ini adalah membangkitkan semangat generasi muda untuk memberdayakan dunia jurnalis pertelevisian.

“Ini PR besar bagi kami. Olehnya itu kami sebagai pengurus IJTI terus gencar melakukan sosialisasi tentang jurnalis TV dengan menyasar pelajar SMA, SMK dan perguruan tinggi,” tutur Hendra.

Hendra menyampaikan bahwa bekerja sebagai jurnalis TV saat ini sangat berpeluang apalagi diera digital, namun tingkat kedisiplinan yang tinggi, niat dan terus belajar pasti dengan sendirinya akan melahirkan seorang jurnalis yang profesional,” tandasnya.

“Dengan adanya sosialisasi ini saya berharap bisa memancing minat adik-adik kita supaya mereka mau menjadi seorang jurnalis, khususnya jurnalis TV,” harap Hendra.

Dalam kegiatan tersebut, belasan pelajar di jurusan TKJ antusias menyimak materi Dampak Media Sosial untuk Pemahaman Publik Mengenai Informasi yang disampaikan Abdy Mari, dan Dasar-Dasar Jurnalistik Televisi yang disampaikan Rolis Muchlis.

Dengan kegiatan tersebut, pihak sekolah memberi respon positif. Kepala Sekolah SMKS PGRI 1 Marawola, Harson Niode bahkan mengaku senang dan berterima kasih atas kedatangan IJTI Sulteng ke sekolah yang disebutnya memiliki segudang prestasi.

“Saya senang dan terima kasih dikunjungi. Pada dasarnya sekolah kami terbuka pada siapa saja yang bertujuan untuk berbagi pengetahuan. Harapannya anak-anak saya bisa terserap di industri dan bisa buka lapangan pekerjaan,” ujar Harson Niode.**(rilis/FN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *