IMG-20240202-WA0057-1
SPORT  

Dua Mahasiswa UT Palu Sabet Medali Emas Tournamen Panjat Tebing 2023

PALU- Ivan Alana (Alan) dan Fatia Sifa Ramadani (Sifa), adalah dua sosok muda bertalenta dalam bidang olahraga Panjat Tebing Kota Palu.

Kedua atlet tunas muda yang saat ini masih mengecap pendidikan di bangku perkuliahan Universitas Terbuka (UT) Palu tersebut, berhasil menyabet dua medali emas dalam even Nabaraka Nompene Wall Tournament tahun 2023 yang diselenggarakan di Vanue Wall Climbing FPTI Hutan Kota.

Alan merupakan atlit panjat tebing Naroso climbing club. Sementara Sifa asal Kalukubula Climbing School.

Direktur Universitas Terbuka Palu, Wijanarko,SP, M.Si kepada media ini, Senin (22/8/2023) memberikan apresiasi atas capaian para mahasiswa yang bertanding pada lomba kali ini.

“Kami akan berupaya secara maksimal untuk dapat memfasilitasi siapapun mahasiswa yang memilki potensi dan prestasi. Kami akan mendorong mereka agar dapat meningkatkan prestasinya hingga ditingkat nasional atau bahkan dilevel internasional,” ungkapnya.

Senada, Manejer Mahasiswa UT, Akbar merasa bangga atas pencapaian para atletnya pada lomba kali ini.

Menurutnya, hal itu merupakan poin tersendiri untuk mejadi catatan pihak Universitas Terbuka untuk mempertimbangkan mereka berdua agar dapat mempersiapkan diri pada event selanjutnya yang berskala nasional. Yaitu Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XVIII tahun 2023 yang akan diselenggarakan pada bulan November di Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan.

“Saya berharap pihak Badan Pembina Olahraga Mahasiwa (BAPOMI) Sulteng dapat mempertimbangkan dan memberi kesempatan ataupun kuota kepada mereka ini yang pada gilirannya juga akan mengharumkan nama BAPOMI Sulteng di kancah nasional,” jelasnya.

Panjat Tebing merupakan cabang olahraga prioritas pembinaannya oleh pemerintah. Karena saat ini lanjut Akbar, rekor dunia di kategori speed, baik putra maupun putri dipegang oleh atlet asal Indonesia.

“Semoga upaya maksimal yang telah mereka berikan dapat membuahkan hasil sesuai harapan bersama,” harapnya.

Sementara itu, Pelatih Tim Puslatda FPTI Sulteng, Zikran Lamalundu mengatakan bahwa omba kali, merupakan ajang pemanasan atau try-out bagi para atlet FPTI Sulteng yang sudah tergabung didalam TIM Puslatda FPTI Sulteng. Rencananya akan dipersiapkan turun pada Babak Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PRAPON) yang akan dilaksanakan di Semarang Jawa Tengah sekitar bulan Oktober di Tahun 2023.

“Alan dan Sifa ini juga adalah atlet yang tergabung dalam Tim Puslatda FPTI Sulteng. Kita berharap mereka berdua ini dapat mengamankan tiket menuju PON Aceh dan Sumatera Utara 2024,” ujar Zikran.

Untuk diketahui, Alan merupakan Mahasiswa program studi S1 Manajemen. Sementara Sifa terdaftar pada program studi S1 Akutansi, mengalahkan para pesaingnya dan meraih peringkat pertama pada nomor paling bergengsi Lead perorangan Umum Putra dan Putri.**(FN)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *